Kecantikan Danau NTT, Tanah Kelahiran Marion Jola

Kecantikan Danau NTT, Tanah Kelahiran Marion Jola

Pulau Flores jadi salah satunya pulau di Nusa Tenggara Timur yang simpan keelokan alam yang eksotis dengan berbagai Kecantikan Danau NTT yang wajib untuk di kunjungi.

Tidak kalah atas Bali atau Lombok, pulau Labuan Bajo dengan Kecantikan Danau NTT salah satunya adalah Danau Kelimutu sudah di kenal hingga dunia International. Jika kamu pengin mendalami keelokan alam Pulau Flores, coba datangi beberapa danau yang berada di sana.

Kecantikan Danau NTT, Tanah Kelahiran Marion Jola

Beberapa kabupaten di Pulau Flores mempunyai danau yang sayang untuk dilewati. Kamu dapat berkunjung Danau Kelimutu yang mempunyai tiga warna berlainan. Masihlah ada beberapa Kecantikan Danau NTT yang sayang untuk dilewati. Ingin tahu? Yok, baca!

  1. Danau Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat

Sano Nggoang ialah danau kawah selebar 513 hektar yang berada di Dusun Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat. Posisinya seputar 58 km samping timur Labuan Bajo, ibukota Manggarai Barat.

Baca Juga: Wisata Berbeda Dari Orang Lain di Labuan Bajo

Akses ke danau ini masih relatif susah. Dari Labuan Bajo Anda akan tempuh perjalanan darat sepanjang seputar 3 sampai 4 jam. Tetapi bermacam keletihan ditanggung akan raib demikian Anda datang di daerah Nunang, pintu gerbang ke arah danau. Warga di tempat umumnya menyongsong tiap pelancong dengan upacara “kapu”, sebuah upacara penyambutan tamu seperti tradisi Manggarai.

Bermacam rutinitas dapat Anda kerjakan saat bertandang ke danau ini. Anda dapat berkeliling-keliling danau dengan mengendari kuda.

Anda juga dapat lakukan treking ke arah pucuk-puncak bukit yang berada di seputar danau. Umumnya beberapa pelancong mendaki ke Golo Dewa atau yang umum disebutkan Pucuk Savana. Dari ketinggian itu, Anda dapat menyakiskan keseluruhnya panorama danau dengan permukiman warga disekelilingnya.

  1. Danau Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur

Dari Manggrai Barat, silahkan kita meneruskan penelusuran ke Manggarai Timur. Di tempat ini ada satu danau yang tidak kalah menariknya, Rana Mese.

Berlainan dengan akses ke Sano Nggoang yang relatif susah, akses ke Rana Mese lebih gampang. Memang jaraknya makin jauh dari Labuan Bajo. Tetapi Rana Mese ada di pinggir jalan lintas Flores.

Anda akan lakukan perjalanan darat dari Labuan Bajo ke arah Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai, sepanjang lebih kurang 4 jam. Sampai di Ruteng Anda bisa stop sesaat nikmati udara dingin kota yang berada di pucuk gunung ini.

Lalu, perjalanan diteruskan menuju timur ke arah Boyong, ibukota Kabupaten Manggarai Timur. Sesudah Anda tempuh perjalanan seputar 30 menit Anda akan berjumpa dengan Danau Rana Mese.

Danau Rana Mese ada pada ketinggian 1.200 mtr. di permukaan laut dengan luas area danau seputar 11,5 hektar dan kedalaman 43 mtr. di bagian cengkung. Udara di seputar danau ini benar-benar sejuk. Mahfum, rimba lebat mengelilingi danau ini.

Air danu ini benar-benar jernih. Namun bagi setiap wisatawan tidak dapat berenang di sinii sebab beresiko untuk keselamatan diri Anda. Anda cuman dapat memancing dan berjalan mengelilingi danau sekalian nikmati panorama alam disekelilingnya.

  1. Danau Kelimutu, Kabupaten Ende

Dari danau Rana Mese, perjalanan panjang akan dilakukan untuk dapat mencapai Danau Kelimutu. Berada di Kabupaten Ende, minimal ada memerlukan waktu pintas 7-8 jam dari Rana Mese.

Danau Kelimutu ada di di atas pucuk Gunung Kelimutu dan terdiri dari tiga kawah yang mempunyai warna air yang berbeda, setiap merah, biru dan putih. Karenanya, danau ini kerap disebutkan Dana Tiga Warna. Beberapa warna ini beralih-alih bersamaan perombakan waktu.

Titik start untuk lakukan treking ke pucuk Kelimutu ialah di Dusun Moni. Disini, Anda akan menumpangi truk kurang lebih 13 km untuk sampai ke bibir danau. Jalan masuk ke arah pinggir danau berbentuk anak tangga dan jalan batu-batuan. Waktu paling bagus untuk berkunjung Danau Tiga Warna ialah pagi hari.

  1. Danau Waibelen, Kabupaten Flores Timur

Danau Waibelen atau terkenal dengan panggilan Danau Cinta kemungkinan belum begitu dekat di telinga beberapa pelancong.

Untuk sampai di danau ini pengunjung bisa mengaksesnya memakai sepeda motor atau sewa mobil dengan bayar Rp300 ribu pulang pergi. Dari Waiklibang, ibu-kota Kecamatan Tanjung Bunga, perjalanan ke arah danau melalui Dusun Waibao seputar 15 km melalui jalan berbatu, sisa-sisa warisan jalan aspal yang dahulunya mulus.

Waibelen sendiri dengan bahasa Lamaholot bermakna sumber air besar terbawa dari kata wai yang bermakna air, sesaat belen bermakna sumber besar. Danau ini dikitari kebun punya masyarakat yang banyak pohon-pohon hijau.

Dari rumah pohon yang dibuat dari bale-bale bambu (wogah) memiliki ukuran 2,5 x 1,5 mtr. ini, pengunjung bisa melihat ke danau dan lembah yang ada disekelilingnya. Untuk naik ke tempat ini, pengunjung harus naiki lebih dulu tangga panjatan seputar 10 mtr..

Beberapa pelancong kerap ingin tahu agar bisa nikmati panorama danau dari ketinggian, Pada akhirnya warga sana membuat rumah pohon.

Berdasar pengkajian Pemda Flotim, Danau Waibelen berdiameter 500 mtr. dengan kedalaman beragam di antara 10 mtr. sampai 25-35 mtr., dengan makin ke utara kedalaman danau makin dangkal.

Dari cerita turun-temurun sama seperti yang dikisahkan oleh Antonius Nitit, karena itu masyarakat lokal memercayai jika pada jaman dulu ada sebuah gunung membubung tinggi namanya Ile Sodo Bera Woka Baa Nara, Ile Kuku NukuWoka Bao Bara di mana dipucuknya ada sebuah daerah tua namanya Lewo Eko Pukang Tanah Parak Nimu.

  1. Danau Rana Tonjong, Kabupaten Manggarai Timur

Danau namanya Rana Tonjong ini menyajikan panorama eksotis karena banyak bunga lotus. Ya, bentangan bunga lotus itu menyebar di tiap segi danau selebar 2,5 hektar.

Nama Rana Tonjong, sendiri mempunyai makna yakni Rana bermakna danau sesaat Tonjong maknanya teratai raksasa dengan bahasa di tempat.

Sepanjang mata melihat, pelancong akan dihidangkan lanscape hijau, dimulai dari area persawahan di seputar danau sampai pohon-pohon yang ikut melingkari danau.

Bunga-bunga lotus tumbuh di permukaan Danau Rana Tonjong. Karena sangat jumlahnya bunga lotus yang ada, jika disaksikan dari terlalu jauh tidak terlihat ada air pada permukaan danau.

Ya, bunga teratai ini tumbuh subur selama setahun, tetapi cuman berbunga sekali dalam satu tahun, yaitu pada April sampai Juni. Bunga warna merah muda itu mempunyai tinggi tangkai dapat seputar 3 m, sesaat lebar daun capai 30 cm dan untuk ukuran bunganya lebih kurang 25 cm.

Kecuali dianugerahkan pemandangan yang cantik, ternyata danau lotus raksasa ini jadi yang paling besar ke-2 di dunia. Sedang di urutan kesatu digenggam oleh danau lotus yang berada di India.

Tidak cuman mempunyai lanscape memikat, Danau Rana Tanjong jadi habitat untuk beberapa hewan, seperti ikan air tawar, katak dan ular sawah, dan sebagai tempat untuk beberapa burung imigran yang cari makan. Oleh karena itu, jika mujur pelancong dapat berjumpa dengan elang, bangau dan angsa putih yang cari makan.

Bila ingin tahu dengan keindahan Danau Rana Tanjong langsung tiba ke Dusun Nanga Mbaling, Kecamatan Rampas, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Saat sebelum nikmati panoramanya, pelancong harus melalui jalan yang tidak begitu bagus dan melawan.

  1. Danau Rana Kulan, Kabupaten Manggarai Timur

Satu kembali nih danau yang wajib buat kamu datangi di Pulau Flores, Danau Rana Kulan. Walau danau ini tidak setenar lainnya, tetapi jadi salah satunya kekuatan rekreasi yang lagi dalam gagasan peningkatan oleh pemda di tempat. Sesuai namanya, danau itu ada di Dusun Rana Kulan, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur.

Kamu perlu tempuh perjalanan seputar 4 jam dari Boyong, ibu-kota Kabupaten Manggarai Timur. Walau tidak gampang, sebab kamu harus lewat jalan berlubang, rimba dan perkampungan, tetapi panorama di danau dapat hilangkan capek. Danau ini bersisihan dengan danau yang lain, seperti Rana , Paku, Katol, Wencu Wohan, Kipo, Rawuk dan Geleng.

Itu barusan ke enam danau yang wajib buat kamu datangi di Pulau Flores. Bukan hanya nikmati panorama dan hilangkan capek. Otomatis, kamu ikut menolong warga di tempat manfaatkan kekuatan wilayahnya.